4 Tips Unik Mengatasi Rasa Kantuk

 On Jul 29, 2012  


Jika ada sesuatu yang memaksa kita untuk bergadang, mungkin itu pekerjaan kantor atau pun pekerjaan rumah tentunya kita akan bergadang, bukan? Meskipun bergadang itu tidak baik untuk kesehatan ya apa boleh buat. Namun ada beberapa tips yang saya kutip dari wolipop semacam solusi untuk mengantisipasi agar kondisi tubuh kita tidak terlalu riskan sakit.

Berikut beberapa tips yang harus anda perhatikan agar kondisi tubuh Anda tetap bugar walaupun Anda bergadang di malam hari.

1. Tidur siang yang cukup.
Ketika ada sesuatu yang memaksa Anda untuk bergadang di malam hari, tidur siang yang cukup perlu di masukkan ke agenda Anda. Tapi masalahnya, hal itu susah untuk dilakukan jika Anda juga sibuk di siang hari.

2. Pilih Makanan Sehat

Hindari makanan berat yang banyak mengandung gula dan karbohidrat karena jenis makanan seperti itu membuat Anda merasa ngantuk di saat Anda jadwal bergadang Anda. Pilihlah cemilan sehat sejenis buah buahan, sayur sayuran atau salad

Tidak hanya mencegah rasa kantuk, makanan tersebut menjamin kebutuhan energi sehingga tidak kelelahan saat tidak tidur semalaman. Sambal atau saus pedas boleh ditambahkan, sekedar untuk menghindari rasa kantuk.

3. Lakukan Olahraga Ringan

Banyak orang telah membuktikan bahwa aktivitas fisik adalah solusi yang efektif untuk mengatasi rasa kantuk. Olahraga membuat tubuh lebih terjaga, sehingga tidak mudah merasa mengantuk. Jika masih terasa kantuk, mungkin push up 50 kali bisa membuat tubuh kembali bugar.

4. Minum Kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi maupun minuman berenergi memang bukan solusi alami untuk membuat tubuh tetap terjaga, karena memanipulasi kerja sistem organ. Namun selama tidak dikonsumsi secara berlebihan, minuman tersebut terbukti cukup efektif menjaga ritme jantung sepanjang malam. Usahakan tidak sampai menyebabkan kecanduan, dan sebaiknya baru diminum ketika rasa kantuk benar-benar tidak tertahankan.

Demikian tips jika terpaksa anda mesti begadang demi mengerjakan suatu tugas kantor atau kuliahan yang memaksa anda harus kerja lembur. Semoga beberapa tips di atas bermanfaat.
4 Tips Unik Mengatasi Rasa Kantuk 4.5 5 Maher Jul 29, 2012 Jika ada sesuatu yang memaksa kita untuk bergadang, mungkin itu pekerjaan kantor atau pun pekerjaan rumah tentunya kita akan bergadang,...



No comments :

Post a Comment